Sabtu, 12 Mei 2012

Beragam Manfaat Kelapa




Jika Anda jalan-jalan ke Kota Bima, jangan lupa mampir di Desa Panda, Desa ini berada di pesisir pantai dan berada + 2 km dari pantai Wisata “ LAWATA” disamping terkenal dengan penghasil Sirsak Bima atau Garoso Mbojo istilah orang sana, juga menghasilkan Kelapa yang handal. Pada posting terdahulu kami membahas manfaat dan kegunaan dari Sirsak Bima, sekarang kami sajikan untuk Anda kandungan dan manfaat dari kelapa.

Ternyata Kelapa itu serba guna loh, dari akar, batang, daun dan air kelapa itu sendiri 
Air Kelapa MudaSangat baik untuk dikonsumsi, selain dapat menghilangkan dahaga di saat kehausan, air kelapa muda memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh.
Air buah nyiur melambai ini ternyata punya khasiat dan nilai gizi yang luar biasa. Bukan hanya unsur makro berupa nitrogen dan karbon, tetapi juga unsur mikro yang sangat dibutuhkan tubuh manusia. Unsur nitrogen di dalamnya berupa protein yang tersusun dari asam amino, seperti alanin, sistin, arginin, alin, dan serin.
Dibandingkan asam amino yang terdapat di susu sapi, asam amino yang terkandung dalam air kelapa ternyata lebih tinggi. Sementara unsur karbon dapat dijumpai dalam bentuk karbohidrat sederhana seperti glukosa, sukrosa, fruktosa, sorbitol, inositol, dan lainnya. Begitu pula dengan unsur mikro dalam air kelapa berupa mineral yang dibutuhkan sebagai penganti ion tubuh. Oleh karena itu wajar jika setelah minum kelapa muda tubuh kita terasa kembali segar.

Jika diteliti lebih jauh, air kelapa ternyata juga mengandung beragam vitamin. Di antaranya vitamin C yang dominan, asam nikotinat, asam folat, asam pantotenat, biotin, serta riboflavin. Tak heran jika air kelapa juga dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan tradisional sekaligus kecantikan. Di samping itu, secara khusus, air kelapa kaya akan potasium (kalium). Selain mineral, air kelapa juga mengandung gula (bervariasi antara 1,7 sampai 2,6 persen) dan protein (0,07- 0,55 persen). Karena komposisi gizi yang demikian ini, maka air kelapa berpotensi dijadikan bahan baku produk pangan. Air kelapa juga bisa dimanfaatkan untuk proses pembuatan minuman, jelly, alkohol, dektran, cuka, dan nata de coco.
Berikut manfaat-manfaat dari air kelapa muda.


A. Air kelapa berkhasiat sebagai diuretik, yaitu untuk memperlancar pengeluaran air seni. Air kelapa muda dicampur dengan sedikit sari jeruk sitrun bermanfaat untuk mengatasi dehidrasi, juga untuk memerangi gangguan cacing dalam perut anak-anak kecil 
B. Jika air kelapa muda yang dicampur dengan susu amat baik untuk makanan anak. Campuran air kelapa muda tersebut mempunyai khasiat untuk mencegah penggumpalan susu dalam perut, muntah, sembelit, dan sakit pencernaan.
C. Air kelapa juga mempunyai bermacam-macam khasiat sebagai obat. Di antaranya, minum air kelapa muda juga dapat membantu mengatasi pengaruh racun obat sulfa dan antibiotika lain, sehingga menjadikan obat-obat itu lebih cepat diserap darah.
D. Mencuci muka dengan air kelapa secara kontinu tiap hari dapat menyembuhkan atau melenyapkan jerawat, noda-noda hitam, kerutan pada wajah yang datang lebih dini, kulit mengering, dan wajah menjadi tampak berseri.
E. Campurlah air kelapa dengan sedikit madu. Ramuan ini merupakan tonikum yang murah tetapi berkhasiat. Ramuan ini merangsang pusat-pusat seksual tubuh dan meniadakan akibat buruk gairah seksual berlebih.
F. Jerawat membandel dapat diobati dengan campuran 25 gram pasta kunyit dengan segelas air kelapa, lalu dibiarkan selama semalam suntuk, kemudian tambahkan 3 sendok teh bubuk cendana merah. Aduk-aduklah semua bahan tersebut sampai rata, kemudian disimpan lagi tanpa terganggu selama 3 hari. Saringlah ramuan tadi dengan tiga lapis kain kasa. Simpan sari tadi dalam botol, dan oleskan pada muka dua kali sehari hingga jerawat lenyap. gak percaya? liat aja foto model yang lagi pegang buah kalapa diatas, mukanya mulus tanpa setitikpun ada jerawat. Lah dia saban hari minum air kelapa muda, kalau haus tinggal petik tuh kelapa, kagak pake panjat pohon segala he he. 
H. Air kelapa juga berkhasiat sebagai obat luka, telapak kaki pecah-pecah, dan eksim. Membuat ramuannya relatif mudah. Rendamlah segenggam beras dalam air kelapa muda bersama tempurungnya sampai beras terasa asam karena peragian, kemudian beras digiling menjadi bubuk halus. Bubuk halus tadi dioleskan setiap hari selama 3-4 hari pada bagian tubuh yang sakit.
I. Jika air kelapa muda dicampur dengan kunyit (sudah digiling ) ditambah air kapur sirih dalam ukuran sama merupakan obat luka bakar dan meniadakan rasa panas akibat luka bakar.

Selain manfaat di atas ada jenis air kelapa yang dikenal dapat menetralkan racun, yaitu Kelapa ijo (hijau). Kelapa ijo ditengarai merupakan obat terbaik untuk beberapa penyakit seperti: panas dalam, sembelit, penetral racun, demam berdarah, cacingan, disentri. Bila digunakan untuk membasuh muka, maka manfaat kelapa ijo bisa menghilangkan jerawat, menghaluskan kulit muka, mengencangkan kulit dan bila digunakan untuk keramas, bisa mencegah timbulnya uban.
Kelapa ijo juga bisa dijadikan terapi gurah, caranya dengan mengembunkan satu malam air kelapa ijo, lalu diminum paginya. Bila hal ini dilakukan setiap pagi akan mambantu suara menjadi lebih panjang dan merdu. ah jadinya pingin coba nih, gw kan penyanyi he he.
MANFAAT KELAPA MUDA BAGI IBU HAMIL
Di kalangan masyarakat, ada tradisi turun-temurun yang menyarankan ibu hamil agar memperbanyak minum air kelapa muda, terutama dari kelapa hijau. Konon katanya bila rajin minum air kelapa muda– terutama di trimester ketiga kehamilan–maka air ketuban akan bersih dan bayi yang dilahirkan juga bersih kulitnya, lebat rambutnya dan bening matanya. eiiit anaknya pasti cantik dan ganteng dah. Apakah betul demikian?

Sejauh ini belum ada penelitian yang secara ilmiah yang membuktikan kebenaran saran tersebut. Namun pada kenyataannya air kelapa muda memang mengandung berbagai zat yang bermanfaat bagi ibu hamil. Zat-zat itulah yang barangkali secara tidak langsung membuat bayi menjadi lebih sehat sebagaimana disebutkan dalam saran tradisional itu.
1. Elektrolit Alami
Air kelapa muda kaya dengan kandungan elektrolit, klorida, kalsium, potasium, magnesium, sodium, dan riboflavin. Sebagai isotonik alami yang kaya mineral dan memiliki elektrolit sama dengan elektrolit tubuh, air kelapa muda sangat bermanfaat untuk rehidrasi dan memulihkan stamina tubuh.
Ibu hamil membutuhkan lebih banyak air dibandingkan orang lain. Dehidrasi selama kehamilan dapat menyebabkan berbagai komplikasi, termasuk sakit kelapa eh kepala, kram, demam dan bahkan kontraksi yang dapat menyebabkan persalinan prematur. Nah untuk calon ibu-ibu kudu mendalami masalah ini.
2. Diuretik Alami
Sebagai diuretik natural yang steril, air kelapa muda melancarkan air seni dan membantu membersihkan saluran kemih. Hal ini berkhasiat mengeluarkan zat-zat toksin dari tubuh dan mencegah infeksi saluran kemih– yang juga cukup umum terjadi pada wanita hamil.
3. Antipenyakit
Air kelapa muda mengandung asam lauric, asam yang membantu melawan penyakit. Asam lauric yang terkandung dalam air kelapa sama dengan yang terdapat di air susu ibu dan memiliki karakteristik anti jamur, anti bakteri dan antivirus sehingga menjaga kesehatan ibu dan bayi dari virus seperti herpes dan HIV, protozoa giardia lamblia serta bakteri klamidia dan heliokobater.
4. Membantu Pencernaan
Air kelapa juga dipercaya memperbaiki fungsi pencernaan. Selama kehamilan, plasenta memproduksi hormon progesteron yang memperlambat kontraksi otot lambung sehingga pencernaan pun melambat. Air kelapa dapat membantu meningkatkan kecepatan pencernaan.
5. Meningkatkan HDL
Air kelapa muda tidak mengandung lemak dan kolesterol, bahkan menurut riset dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) di dalam tubuh.
Bila Anda yang malas manjat pohon kelapa atau yang tidak bisa mendapatkan air kelapa yang segar, kini telah tersedia air kelapa murni dalam kemasan siap minum yang dapat dibeli di supermarket, ada baiknya teliti label kadaluarsanya,
MANFAAT POHON KELAPA

Manfaat pohon kelapa sangat banyak, hal ini tentunya telah kita ketahui ketika kita masih duduk dibangku sekolah atau saat kita kecil, karena kala itu kadang guru atau orang tua kita memeberitahukan tentang manfaat dari pohon kelapa, bahkan saya masih ingat, guru saya pernah berkata bahwa semua yang ada dalam phon kelapa dapat dapat bermanfaat bagi manusia, hal ini tersebut memang benar adanya karena jika ditimbang maka memang apa yanga da dalam pohon kelepa dapat bermanfaat. jadi pohon kelapa sangat bermanfaat bagi manusia.
Nah berrkenaan dengan pohon kelapa, saya cukup tertarik dengan bahasan ini yaitu tentang manfaat pohon kelapa, mengingat hal ini cukup penting karena tentunya dengan kita mengetahui manfaat pohon kelapa maka kita bisa memanfaatkan pohon kelapa ini dengan semaksimal mungkin. disini akan sedikit mengulas tentang manfaat-manfaat yang ada didalam pohon kelapa baik itu buah, pohon kelapa dan sebagainya. tetapi mungkin yang akan kami ulas tidaklah selengkap yang anda bayangkan, hanya saja kami akan berusaha memberikan yang terbaiK, nah dibawah ini adalah manfaat-manfaat yang ada dalam pohon kelapa.
Batang /pohon Kelapa
Batang kelapa biasanya dimanfaatkan sebagai kosen, perabotan bangunan, penopang genting yang masih banyak ditemukan di desa-desa (rumah panggung), dan perlu diketahui batang kelapa kalau sudah lama kering akan sangat susah dipaku dan anti rayap, nah itulah bukti kekuatannya.
Daun Kelapa
Dapat digukan untuk membuat berbagai macam benda misalnya anyaman, dan yang sering kita temui, daun kelapa (muda) dibuat sebagai ketupat. selain itu lidi yang ada dalam daun kelapapun dapat diguanakn sebagai sapu dan tusuk sate atau tusuk jajanan pasar (makanan tradisional)
Kemudian pangkal pelepah kelapa dapat dimanfaatkan untuk membuat ragi dan gula. Sementara pelepah yang sudang kering dapat dibuat kipas, sandal dan sebainya.
Akar Kelapa
Akar kelapa dapat bermanfaat untuk menyerap air agar tidak terjadi banjir (hehehe ini kalu kelapanya masih hidup). dan ternyata Akar kelapa bisa juga dijadikan zat pewarna pada perabotan rumah tangga. bahkan saya pernah memperoleh informasi bahwa akar kelapa akan digunakan sebagai campuran pembuatan beton.
Buah Kelapa
Buah kelapa terdiri dari kulit luar, sabut, tempurung, kulit daging (testa), daging buah, air kelapa, dan lembaga (bakal buah). dan bisa dipastikan semuanya dapat bermanfaat bagi kehidupan, Buahnya saja bisa bisa makan dan rasanya lezat , dan air kelapa (sudah kita bahas panjang lebar), selain itu sabut kelapapun bisa dimanfaatkan sebagai satu kelut (jawa), bahkan tempurung kelapapun bisa digukan sebagai kerajinan tangan, semisal kancing, boneka, pokoknya banyak deh manfaatnya.
Nah diatas adalah uraian singkat tentang kehebatan nyiur melambai (kelapa) ini, gimana sudah ingatkan pelajaran waktu masih kecil, oh iya.. sebenarnya masih banyak sekali bagian-bagian dari pohon kelapa yang dapat dimanfaatkan dan mungkin belum saya tulis dalam uraiakan ditas, jika rekan-rekan mempunyai masukan tentang manfaat lain dari pohon kelapa silahkan di informasiakan.
Dan satu lagi(nambah ni), pohon kelapa sangat cocok di daerah tropis, jadi tidak ada salahnya jika rekan-rekan membudidayakan atau mencakok pohon kelapa biar kagak tinggi-tinggi amat pohonnya, seperti model diatas, kelapa tinggal dipetik dan rasakan manfaatnya. Semoga dengan sedikit uraian ditas dapat benmanfaat untuk kita semua, amin.
Wasalam
Bob Anwars

Tidak ada komentar:

Posting Komentar